Saturday, April 29, 2017

Memandang Bandung dari Puncak Bintang

Dreamland Traveller




Memandang Bandung dari Puncak Bintang
Pemandangan Kota Bandung dari Patahan Lembang


Sebagai kota yang dikelilingi pegunungan, banyak sekali destinasi wisata di Bandung yang menyajikan pemandangan alam istimewa yang indah. Setelah sebelumnya saya mengunjungi Tebing Keraton yang ramai dikunjungi wisatawan setelah menjadi viral di Instagram. Kali ini, saya akan melihat pemandangan kota Bandung dari sudut pandang Puncak Bintang.

Fasilitas Colokan Listrik Unik
Perjalanan menuju Puncak Bintang dapat ditempuh dengan sepeda motor dalam waktu 30 menit dari pusat kota Bandung. Setelah melewati Saung Angklung Mang Udjo, Anda akan mendaki jalan yang licin penuh bebatuan, serta tanjakan ekstrim sebelum akhirnya sampai di kawasan Puncak Bintang. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp 5.000,00 untuk memasuki kawasan wisata Puncak Bintang.

Jalan Menuju View Point Patahan Lembang
Sesampainya di tempat parkir Puncak Bintang, ada sebuah restoran yang namanya lebih populer dari destinasi wisatanya, yakni Bukit Moko. Anda bisa bersantai menikmati santapan sambil memandangi pemandangan kota Bandung, umumnya di malam hari karena pemandangan kota akan dipenuhi oleh lautan cahaya. Anda juga bisa melihat tulisan Dermaga Bintang dari sudut tempat parkir.

Tiket Masuk Kawasan Wisata Puncak Bintang
Jika tempat parkir Tebing Keraton hanya dapat dimasuki oleh sepeda motor, rupanya Puncak Bintang mempunyai tempat parkir untuk kendaraan roda 4 juga. Tarif masuk ke kawasan Puncak Bintang adalah Rp 15.000,00 saat saya melakukan perjalanan. Begitu masuk Anda akan disambut dengan papan petunjuk, toilet, mushola, tempat duduk dari kayu, dan colokan listrik yang sangat unik di wadah khusus.

Puncak Bintang
Anda dapat menuju ke Puncak Bintang lewat tangga yang ada di sisi sebelah kiri pintu masuk atau menjelajahi pemandangan Patahan Lembang yang terletak 1,7 km dari pintu masuk. Saran saya, Anda bisa menjajal rute Patahan Lembang karena sebanding dengan pemandangan yang akan Anda dapatkan. Sepanjang jalan, Anda akan disambut dengan deretan pohon pinus yang sangat sejuk dan menjadi spot foto yang oke.

Permadani Hijau dari Dataran Bintang
Setelah deretan pohon pinus berakhir, barulah jalan licin penuh batu menjadi tantangan yang harus dihadapi. Anda akan melewati pepohonan yang lebat, jalan yang berliku dan terjal, serta perkebunan karet yang sangat unik untuk dicermati. Jika Anda merasa kelelahan, Anda dapat beristirahat di dua pondok bambu (saung) yang ada di sepanjang perjalanan menuju view point Patahan Lembang. Pastikan untuk membawa air mineral karena perjalanan akan menguras banyak energi.

Dataran Bintang
Setelah perjalanan yang penuh perjuangan, Anda dapat menikmati pemandangan alam Patahan Lembang yang luar biasa indah. Kita dapat melihat bentangan kota Bandung seluas 180 derajat yang menyajikan pemandangan yang boleh saya katakan lebih bagus dari Tebing Keraton. Selain itu, suasananya yang tidak terlalu ramai juga membuat foto di kawasan ini menjadi lebih istimewa. Sungguh destinasi wisata di Bandung yang sangat direkomendasikan.

Papan Petunjuk Wisata
Bagi Anda yang penasaran dengan situs Batu Lonceng, bisa melanjutkan perjalanan lurus ke Desa Suntenjaya yang masih berjarak 750 m dari Patahan Lembang. Konon situs ini adalah peninggalan Kerajaan Pajajaran yang keramat dan dijaga juru kunci atau kuncen setempat secara turun temurun. Biasanya orang datang ke situs Batu Lonceng untuk melakukan ziarah dan ritual spiritual lainnya.

             
Saya kembali ke Puncak Bintang, sayangnya pemandangan sedang berkabut. Kemudian saya menikmati hamparan perkebunan dari Dermaga Bintang yang unik. Kita bisa duduk santai di bangku yang terbuat dari ban bekas sembari menikmati udara pegunungan yang sejuk dan menghirup udara yang segar. Setelah puas melihat sekeliling, saya pun kembali ke tempat parkir dan meninggalkan lokasi Puncak Bintang. Sungguh sebuah pengalaman istimewa menjelajahi kota tercinta dengan destinasi wisata yang spektakuler.



Informasi Harga:

Parkir Motor : Rp 5.000,00

Tiket Masuk Kawasan Puncak Bintang : Rp 15.000,00



Bandung, 21 April 2017





Dreamland Traveller

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.